04 December 2007

PUNISHMENT

04 December 2007

Tak terasa sekarang Farhan sudah berusia 8 tahun, rasanya baru kemarin aku melahirkannya. Menurut ajaran Islam anak berusia 7 tahun harus sudah mulai belajar shalat 5 waktu dengan benar. Sebenarnya hal ini sudah aku lakukan sejak Farhan mulai menirukan segala gerak dan tingkah laku kami, dengan cara mengajaknya shalat bersama, walaupun tentu saja amat sangat belum mengerti dengan apa yang dilakukan orangtuanya yang penting dia tahu kalau dia sedang melakukan shalat.

Setelah usianya 7 tahun mulai deh… muncul alasan-alasan untuk menghindar dari kewajibannya, “ntar dulu, bu…..”, “mo makan dulu, bu…..”, “main komputer dulu bentaaaaar ajaaaa”, dan berbagai macam alasan lain agar terhindar dari kewajibannya, :-

Aku berpikir gimana caranya supaya Farhan tidak lalai dengan kewajibannya, ya…. walopun saat ini mungkin hanya sekedar melaksanakan kewajiban saja, tapi paling tidakkan dia sudah mau melaksanakan kewajibannya. Dan mudah-mudahan setelah balig nanti dia akan mengerti untuk apa dia harus melaksanakan semua kewajiban-kewajiban itu.

Akhirnya aku membuat kesepakatan dengan Farhan yang apabila dilanggar dia yang akan rugi (ceilee rugi kek jualan combro aja…). Caranya apabila dia tidak melakukan shalat satu kali dalam sehari maka uang jajannya akan dikurangi 1000 rupiah. Setelah kesepakatan itu dibuat dan sama-sama setuju, maka mulailah punishment itu berlaku. Hasilnya Alhamdulillah mulai saat itu Farhan mulai rajin melaksanakan shalat walopun masih harus terus disuruh-suruh, tapi setidaknya dia tidak pernah bolong-bolong lagi shalatnya.

Mungkin saat ini yang menjadikan dia rajin melakukan shalat karena iming-iming uang jajan yang akan berkurang apabila dia tidak melakukan shalat. Karena dengan begitu dia tidak akan bisa beli nasi kuning dan nasi goreng kesukaannya dikantin sekolah atau juga tidak dapat membeli fanta, sprite, ataupun coca cola minuman kesukaannya.

Tapi ibu harap suatu saat kamu akan mengerti betapa ibu dan ayah teramat sangat sayang dan mencintaimu dan berharap kamu menjadi anak yang pinter, sholeh dan taat pada Allah. Hingga setelah dewasa nanti kamu akan mengerti dengan apa yang kamu lakukan selama ini dan kamu akan selalu taat patuh dan ikhlas dalam melaksanakan segala kewajibanmu terhadap Sang Maha Pencipta. Amiin.

Love you so much honey, baby......

19 comments:

mel@ said...

mbak... uang hasil dendanya... transferin ke aku aja... hehehe...

lierieh said...

* mel@ : jangan buat beli sepeda baru katanya....hehe....

Nunik said...

Go terus bunda.. lama2 juga bakalan ngerti Farhannya... kalo shalat itu kewajiban bukan karna uang jajannya bakal dipotong ... hehehehehe...

Ryu`s Mom said...

Support dari orang tua terus menerus pastinya lambat laun pastilah berhasil.

Abang Farhan semoga jadi anak yang sholeh..

Dhona said...

Bisa dijadiin contoh nih caranya. Semoga nanti-nanti udah nggak pake cara begini lagi ya. Farhan udah ngerti akan kewajibannya untuk sholat.

Dhona
http://keluargabroto.com

Mamah 'Little Aras' said...

aku dulu jg bandel mbak, abis itu turunlah jewer dari bapak hihihi tuh kan ketauan bandelnya :D. Jadi anak yg sholeh yg farhan

angin-berbisik said...

bagus juga tuh ide nya mbak....:) mengajarkan disiplin sejak dini kepada anak

Putirenobaiak said...

hihi... aku terpaksa juga bikin denda yg sama dgmu ini, kalau anak2 tidak disiplin pd jadwalnya (tak hanya shalat), hanya kdg aku mikir apa itu sudah benar ya? abis suse segala cara gak berhasil

Nia said...

Semoga Farhan jadi anak sholeh ya en ga kena denda lagi, amin...

isma said...

wah, aku bakal nerapin yg kayak gini nggak ya, secara ndidik disiplin ke anak tuh seseh emang.
eh, farhan, sebagai imbalannya, kalau shalatnya rajin minta bonus juga dong... hehe.

-Fitri Mohan- said...

jadi inget, dulu pas masih kelas satu SD disuruh mempraktekkan sholat di depan bapak. nggak boleh salah.

sachroel said...

semoga Farhan tumbuh jadi anak yg soleh dan berbakti....amiiiin

yanti http://celoteh.jalankenangan.net said...

insya Allah ya.. lama2 shalat jadi kebutuhan, bukan cuma krn mencari reward dan menghindari punishment :)

Coni said...

Farhat, happy belated birthday yah, semoga panjang umur, sehat sehat selalu, makin pinter, makin rajin sholat, biar uang jajannya nggak dikorting sama ibu :P

Bunda said...

Membiasakan shalat sejak dini..akan lebih mudah kelak, menjadi terbiasa, bukanlah lagi menjadi kewajiban, tapi akan memnjadi kebutuhan...Smg Farhan jadi anak yg Soleh...amien

Coni said...

Neng, kumaha damang?

Anang said...

met tahun baru.....

kenny said...

iya nih dulu anakku yg gede jg ikutan sholat tapi skr malah agak males2 an. ikutan didenda aja yah :D

Anonymous said...

sangat menarik, terima kasih